Warga Gembira Proyek Underpass Tambun Kembali Dikerjakan

By Robby Prihandaya 23 Jul 2014, 14:37:32 WIBDaerah

Warga di Kecamatan Tambun Selatan, mulai gembira setelah proyek underpass Tambun, dikerjakan lagi, “Mudah-mudahan cepet rampung dan dapat dibuka kembali,” ujar Guruh, 35, warga yang rumahnya berjarak 50 meter dari rel KA Tambun.

 

Proyek underpas sendiri sempat terhenti hampir setahun, “Mudah-mudahan tepat waktu,” kata Evi Mutia, Kepala Subbidang Tata Ruang dan Infrastuktur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kabupaten Bekasi. Menurut dia, proyek tersebut sempat mangkrak sejak Mei 2015 silam, lantaran pemerintah pusat gagal melakukan lelang, sehingga tahun ini kembali dilelang.

 

Ia mengatakan, keberadaan proyek tersebut cukup vital, sebab selain akses menuju Stasiun Tambun, yaitu menuju Pasar Tambun maupun jalur pantai utara. Otomatis jalur tersebut setiap hari cukup padat, apalagi tak lama kemudian kereta commuter line akan melintas. Sehingga, otomatis rawan terjadinya kecelakaan kereta.

 

Menurut Evi, pemerintah telah membebaskan lahan seluas 1,2 hektar sebagai penunjang pembangunan underpass. Lahan itu berada di sisi selatan dan utara rel kereta api yang notabene merupakan pemukiman warga. Pemerintah menghabiskan anggaran sebesar Rp 15 miliar pada APBD 2014 lalu. “Makanya cukup disayangkan bila sempat mandek,” kata dia.

 

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Joice Hutajulu, membenarkan kalau proyek pembangunan underpass itu sempat mangkrak sejak 2015 silam. Namun, kata dia, tahun ini pembangunannya dilanjutkan. “Tahun ini dilanjutkan, mudah-mudahan akhir tahun selesai,” kata Joice.

 

MEMBUAT PONDASI

Pengamatan Pos Kota, saat ini pekerja sudah membongkar bangunan di sisi selatan rel kereta. Bangunan tersebut dirobohkan untuk pembangunan pondasi jalan menuju terowongan bawah rel menuju bagian utara.

Nampak alat berat berupa eskavator tengah merobohkan bangunan untuk pembuatan pondasi di sisi timur dan barat.

 

Sedangkan terowongan underpass sendiri sudah selesai sejak awal tahun lalu. Terowongan telah dibuat dari bagian utara menuju selatan. Sayangnya, terowongan itu belum bisa dilalui karena kontruksinya hanya sebatas di bawah rel, belum ada akses jalan menuju terowongan


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment